Pertanyaan yang sering ditanyakan

Cari tau jawaban dari pertanyaan anda disini. Jika pertanyaan anda tidak ada dalam daftar berikut, silakan menghubungi Contact Person yang telah disediakan.

SMK Boarding adalah sekolah asrama dengan skema penuh atau keseleuruhan siswanya adalah asrama. SMK Boarding berada di 3 kampus, SMKn Jateng semarang, pati dan purbalingga. Sedangkan SMK Semi Boarding adalah sekolah asrama yang digabung bersama sekolah SMKn reguler di 15 kab/kota yang ditunjuk. Siswa di sekolah tersebut tidak seluruhnya asrama. Yang diasramakan hanya sesuai kuota atau sering dikenal dengan jalur afirmasi (siswa kurang mampu) dan lainnya adalah siswa reguler dari jalur umum. SMK Semi Boarding terdiri atas 15 SMK yang tersebar di kab/kota di jawa tengah.

PPDB SMK Boarding & Semi Boarding tahun 2023 mengacu pada fokus fasilitasi masyarakat dari ekonomi kurang mampu (miskin) yang sudah terdata di pemerintah baik melalui program kps/kip/pkh/dtks. Bagi yang tidak memiliki kartu tersebut silahkan jika memang memenuhi syarat kemiskinan dapat konsultasi atau lapor ke pemerintah setempat baik tingkat desa/kelurahan, kecamatan atau kab/kota. Sementara sktm yang dikeluarkan oleh pemerintah desa/kelurahan belum bisa digunakan dalam proses seleksi ini.

Tetap diisi NIK orang tua meskipun sudah meninggal. Isi NIK digunakan untuk pengecekan data sesuai dengan kk. Jika memang sudah meninggal juga silahkan unggah surat keterangan kematian dan diunggah di kolom unggah KTP ortu. Jika kondisi pisah cerai sudah lama dan tidak mengetahui data KTP salah satu ortu tersebut bisa menggunakan surat pengantar keterangan dari pemerintah desa/kelurahan.

Tetap diisi jika memang yatim piatu maka bisa diisi Rp 0,- dengan mencantumkan keterangan tersebut pada lembar form surat keterangan slip gaji yang sudah disiapkan oleh panitia. Jika yang bekerja satu diisikan dari hasil penghasilan satu orang tua tersebut. Jika keduanya bekerja diisi gabungan dari 2 orang tua tersebut.

Silahkan unduh format surat keterangan slip gaji yang sudah disiapkan oleh panitia pada menu unduh berkas. Format tersebut dapat diajukan ke pemerintah desa/kelurahan untuk dapat dikeluarkan atau dibuatkan surat keterangan penghasilan orangtua dari pemerintah desa/kelurahan.

Silahkan dilampirkan bukti pembelian token listrik dengan akumulasi selama 1 bulan terakhir. Misalnya belinya tiap 2 minggu sekali, tinggal digabungkan saja. Intinya selama 1 bulan penggunaan rekening listrik dapat dibuktikan dengan struk pembelian token listrik. Bagaimana jika sudah hilang? Silahkan membuat surat keterangan dengan mengunduh form di menu unduh berkas.

Silahkan bisa meminta surat pengantar keterangan dari pemerintah desa/kelurahan bahwa listrik yang dipakai adalah menyambung kepada tetangga atas nama siapa. Selai itu dapat juga menggunakan slip token listrik yang dipakai secara bersama beberapa kepala keluarga.

Pakta integritas adalah komitmen mengenai kebenaran data yang diisikan maupun berkas yang diunggah dalam keperluan pendaftaran PPDB SMK Boarding. Format dapat diunduh di menu unduh berkas yang sudah disediakan oleh panitia. Pakta integritas dibuat dan ditempeli materai Rp 10.000 serta ditandatangani.

Rata-rata nilai rapor hanya menggunakan nilai pengetahuan. Sedangkan yang dipakai adalah semester 1-5. Mapel yang dihitung hanya 4 mapel; bahasa indonesia, bahasa inggris, matematika dan ipa. Berkas yang dibutuhkan adalah surat keterangan rata-rata nilai rapor yang dibuat oleh sekolah. Silahkan unduhan berkas dapat dikonsultasikan ke guru bk sekolah atau bagian kurikulum.

Surat rekomendasi kepala sekolah smp sederajat adalah bukti bahwa siswa yang bersangkutan adalah siswa aktif dan berkelakuan baik di sekolah tersebut serta layak untuk direkomendasikan mendaftar di SMK Boarding Jateng sesuai dengan ketentuan dan persyaratan. Surat rekomendasi dapat dibuat seperti format yang sudah disediakan panitia di menu unduh berkas.

Surat persetujuan tinggal di asrama adalah surat yang dibuat oleh orang tua/wali siswa sebagai bukti bahwa orangtua mengijinkan dan mendukung anaknya tinggal di asrama. Format surat persetujuan tinggal di asrama sudah disediakan panitia dan dapat diunduh di menu unduh berkas.

Bagi calon pelamar yang mengalami kesalahan isi data pada form silahkan menghubungi admin sekolah masing-masing untuk kemudian dibantu hapus akun dari admin. Data yang sudah diinput otomatis akan hilang dan diminta ngisi ulang dari awal membuat akun baru.

Jika calon pelamar mengalami lupa password silahkan klik menu lupa password, maka akan menuju halaman mengisi data nisn, nama lengkap dan nama ibu kandung, setelah diisi akan menuju halaman konfirmasi pembuatan password baru dan simpan. Maka password baru sudah dapat digunakan untuk login kembali.